SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Blog Ini Akan Memberikan Anda Informasi Yang Mungkin Anda Butuhkan.

Rabu, 26 Januari 2011

MENGOBATI STRESS

        Setiap Manusia, pasti tidak pernah luput dari beragam masalah yang coba menghadang, dari maslah yang paling ringan sampai yang terberat sekalipun. tidak jarang mereka yang merasa sangat tertekan itu akan bunuh diri, ini adalah tindakan bodoh dan konyol, bahkan semua Agama pun melarang perbuatan ini.
        Lantas bagaimana cara kita agar bisa menghadapi masalah itu tanpa atau tidak harus merasa stres berat?, stress ataupun frustasi merupakan suatu tekanan jiwa, dimana tekanan itu akan sangat terasa ketika kita dalam keadaan sendiri, tanpa ada orang lain yang menemani, tanpa dukungan atau motivasi yang diberi, dan semua masalah itu seakan lebih nampak dan memojokan kita, disaat itu, tangisan merupakan rutinitas dan langkah awal dari dampak stress berat itu. jika gejala ini tidak segera diperhatikan, maka dampak terakhir adalah, ia akan sangat merasa dekat dengan Tuhan, sehingga Bunuh Diri dianggap merupakan suatu jalan 'damai'.
        Langkah yang akan kita ambil ketika kita merasa gejala stress itu sudah ada adalah:
  • Dekatkan diri pada Allah swt, perbanyak Sholat, mengaji, berdoa, puasa, maupun ibadah lainnya, karena hanya Dialah tempat kita bersandar.
  • Hindari diri kita dari kesunyian/kesepian, selalulah berada ditempat yang ramai, perbanyaklah ngobrol/bercanda dengan teman dan tertawalah, bahkan kalau memungkinkan juga, kita bisa habiskan waktu bersama dengan teman kita (yang diperbolehkan).
  • Membayangkan sisi positif yang ada pada kita, membayangkan kebaikan yang pernah kita buat, membayangkan masa depan yang cerah ketika semua masalah itu berakhir, membayangkan bahwa masih banyak orang yang menyayangi kita.
  • Membuat kesibukan yang sangat kita sukai dan sesuai dengan hobi atau bakat yang kita miliki.
  • Yakinkan pada diri kita bahwa, semua orang punya masalah dan mereka berhasil melewatinya dengan baik, sehingga ketika kita terkena masalah, maka kitapun akan bisa melewatinya dengan baik.
  • "Badai pasti berlalu", mungkin kalimat itu bisa membantu kita untuk menganalogikan masalah kita, bahwa masalah kita pasti akan selesai dengan baik, tanpa harus menyusahkan diri sendiri.
        Menghindari sekaligus mengobati gejala stress yang di akibatkan suatu masalah diatas mungkin terkesan mudah dan tidak bertele-tele, tetapi hal itu sangat ampuh untuk jadi penawarnya, kita manusia mempunyai sisi yang lemah dan yang kuat, maka janganlah kita kalah dengan kelemahan itu, kekuatan kita akan tumbuh menutupi kelemahan kita disaat ada masalah hanya ketika kita bisa mengaturnya dengan baik.
       Jadi, merasalah sebagai seorang yang berguna bagi semua orang, janganlah merasa hidupmu hanya untuk dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar