SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Blog Ini Akan Memberikan Anda Informasi Yang Mungkin Anda Butuhkan.

Rabu, 26 Januari 2011

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF


Lo semua pasti ngerasain saat di SD, SMP, SMA atau yang udah di Perguruan Tinggi, kalo musim Ujian udah tiba, atmosfernya akan sangat berasa perubahannya, dari orang yang suka nongkrong sampe orang yang suka bengong, semua pada sibuk diam, yah bukan sekedar diam, tapi tangannya akan penuh dengan buku-buku dan contoh soal serta kisi-kisi yang akan menjadi bahan ujian nantinya. pake acara minggu tenang atau apalah, yang katanya sih...., biar bisa belajar lebih konsentrasi, bujug buneng... apa lo bisa hafalin bahan ujian lo selama 6 bulan hanya dalam 1 atau 2 malam? udah gitu 2 sampe 3 mata kuliah/pelajaran.
 Yah... jadinya koridor kampus jadi ga berisik lagi, kantin jadi sepi..., lo semua bakal jadi 'penghafal yang baik' dalam 2 minggu terakhir, tapi bukan berarti semua lo semua jadi kayak gitu, eh... jangan salah ada sebagian juga yang malah ga mikirin itu, malah maen game, nonton, jalan en laennya lagi, dari itu semua pas nyampe hari ujian,.. eh masih nyontek juga, masih bawa 'catatan kecil', udah gitu pas nilai Ujiannya keluar, masih pas-pasan juga, bahkan masih ada mata kuliah/pelajaran yang mesti ngulang. bukankah kita kuliah/sekolah tujuannya biar ngarti, biar tambah ilmu buat bekal nantinya, yah...walau nantinya ijazah yang nentuin.
         Prasaan dari tadi nih kata-kata nyakitin banget ya., trus cara belajarnya kapan di bahas?? ya udah.... nih...
  1. Yang pertama itu, ketika lo di kelas lagi diajarin nih sama dosen atau guru lo, harusnya lo dengerin en pahami juga, di situ sebenarnya yang paling penting, bahkan lo harus nanya kalo kagak ngarti, (cari-cari perhatian guru boleh juga, ye... perhatian biar di bilang anak pintar gitu llloh...)
  2. jauhin dulu nafsu lo buat maen Pe Es, maen komputer, nongkrong, nonton, jalan atau apa kek... yah kalo skali-kali sih ga apa-apa, tapi jangan keterusan alias ketagihan, ntar kuliah lo bakalan berantakan.
  3. Lo kudu pelajarin lagi pelajaran di kampus tadi, kalo lo udah nyampe di rumah, sore atau malam terserah lo aja, jadi lo ngulangin pelajaran tadi, yah itung-itung dari pada lo ngulang karna nilai lo jongkok?, apalagi pelajaran yang ada hitungannya, matematika misalnya,....idih.. harus banget tu sering ngerjain soal.
  4. Jangan malu nanya, ke ortu lo, ke teman, atau ke guru mungkin, kalau ada pelajaran yang lo ngga ngarti. cari terus sampe lo dapat.
  5. Yah... sering-seringlah buka buku saat waktu lo banyak yang kosong, atau dalam bahasa guru; BELAJAR.
  6. Pas masuk waktu ujian, lo tinggal baca-baca dikit, sekilas aja karna lo sebenarnya udah ngarti,... yah gunakanlah minggu tenang ujian lo.
  7. Pas masuk ruangan ujian, lo tinggal senyam-senyum en ketawa-ketawa aja, santai...lah... sambil nunggu nilai lo keluar yang insya Allah memuaskan.

        Segitu doang, gampang kan? lo jadi anak cerdas, nilailo tinggi, insya Allah masa depan lo akan cerah sesuai keinginan lo, yah...hanya berawal dari strategi belajar yang simpel dan ga nyusain lo. eh tapi ingat yang paling utama....., jangan lupa Sholat, ngaji, b'doa en laen-laen kalo lo Muslim, tapi juga jangan udah rajin belajar malah ngga bantuin Ortu di dapur atau kerja di rumah... okay......, Good Luck..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar